Sedikitnya ada dua faktor besar dalam ke berhasilan kurikulum 2013. Pertama, penen tu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependi dik an (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur; (i) ketersediaan buku sebagai ba han ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pem bentuk kurikulum; (ii) penguatan peran pemerintah daam pembinaan dan penga wasan; dan (iii) penguatan ma naj emen dan budaya sekolah.
Berkait dengan faktor perta ma, Kemdikbud sudah mende sain strategi penyiapan guru se bagaimana digambarkan pa da skema penyiapan guru yang me ibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat; instruktur diklat terdiri atas unsur dinas pendidikan, dosen, widyaswara, guru inti, pengawas, ke pala sekolah; guru uta ma me iputi guru inti, penga was, dan kepala sekolah; dan guru mereka terdiri atas guru kelas, guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.
Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus di beri perhatian khusus dalam rencana implementasi dan ke terlaksanaan kurikulum 2013, yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemung kinan terjadinya perubahan.
Kesiapan guru lebih penting daripada pengembangan kuri kulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah mene rima materi pembelajaran.
Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Disinilah guru berperan be sar di dalam mengimplementa sikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru ke depan dituntut tidak hanya cer das tapi juga adaptip terhadap perubahan.
No comments:
Post a Comment