Saturday, January 12, 2013

OBYEK WISATA KUDUS

     Disini saya mencoba mengkumpulkan data obyek wisata dan daftar hotel dan penginapan kudus untuk mempermudah informasi bagi wisatawan dari luar kudus.

DAFTAR NAMA HOTEL & PENGINAPAN DI KUDUS
1. HOTEL GRYPTHA(Bintang 2):Jl. Agil Kumumadya Tlp 438787 & 438449 Kudus.

2. HOTEL THE FIVE(Bintang 1):Jl. Kepodang No:8 Telp.437245 Kudus
3. PRIMAGRAHA(Melati 3):Jl. Agil Kusumadya Gang 1 No.8 Telp 43780 Kudus
4. AIR MANUR (Melati 3):JL. Pemuda No;70.Telp432514 Kudus
5. KEPODANG ASRI(Melati 1):jl. Kepodang No17 Telp433795 Kudus
6. DUTA WISATA(Melati 2):Jl. Barongan II/94 Telp 438694 Kudus
7. KENARI ASRI(Melati 1):Jl. Kenari No.2 Telp.436493 Kudus
8. PESANGRAHAN COLO(Melati 2):Kec. Dawe Telp 435157 Kudus
9. WISMA KARINA(Melati 2):Jl. Museum Kretek No.3Telp.431172Kudus
10. JATI ASRI(Melati 2):Jl. Lingkar Jati Telp.441293 Kudus
11. POROLIMAN (Melati 1):Jl. Bhakti No.5 Telp.431501 Kudus
12. SLAMET(Melati 1):Jl. Jend. Sudirman No.63Telp.438534Kudus.
13. AMINA(Melati 1):Jl. Menur No.448 Telp.438301 Kuidus
14. WISMA SALIMNA (Melati 2):Jl. HM.Subechan ZE No.36 Telp 430159 Kudus


alt
Museum Kretek dan Rumah Adat Kudus
    Museum mengoleksi aneka ragam bentuk bungkus rokok yang pernah di buat, diaroma proses pembuatan rokok kretek secara tradisional. Terletak di desa Pejaten sekitar 3 km dari pusat kota Kudus, disekir area dapat dilihat rumah ukir tradisional adat kudus dengan bentuk bangunan Joglo Pencu.
Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK.
alt
Menara Masjid Kudus
    Bentuk bangunan menaranya yang unik dengan perpanduan desain arsitekturnya Jawa-Hindu-Islam terbuat dari batu bata merah denan ketinggian sekitar 17 m. Masjid kuno ini dibangun pada abad 16 oleh Syeh Jafar Shodiq. Sedang masjid Kudus menutur catatan dibangun pada tahun 958 H, hali ini dapat dilihat dari batu tulis berbahasa arab yang terletak dipengimanan masjid tersebut. Terletak sekitar 1,5 km dari pusat Kota Kudus, tepatnya diKel. Kauman, Kec. Kota Kudus.
Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, masjid, warung makan, Kios cenderamara.
alt
Makam dan Masjid Colo
    Makam Sunan Muria berada disebelah selatan gunung Muria, untuk mencapai tempat tersebut harus menaiki sekitar 700 trap/anak tangga, letak makam didalam bangunan kuno dibelakang masjid peninggalan Sunan Muria, berjarak 18 Km dari Kudus kearah utara.
alt
Taman Ria Colo
    Obyek wisata ini terletak di Desa Colo, Kec. Dewe dengan ketinggian 700 meter diatas permukaan laut, berhawa pegunungan yang sejuk, pengunjung dapat menikmati panorama alam pegunungan dan air terjun, berjarak sekitar 18 km dari Kota Kudus kearah utara, mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan imim. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, masjid, warung makan.
alt
Tugu Indentitas
    Merupakan Tugu Indentitas Kota Kudus dibangun dengan ketinggian 27 m, dengan naik kepuncak tugu ini dapat melihat seantero Kota Kudus, terletak pusat Kota Kudus. Fasilitas yang tersedia tempat parkir, MCK.
Taman Krida Wisata
Merupakan taman rekreasi terutama bagi anak – anak dengan remaja dengan patung-patung binatang. Terletak di Desa Wergu Wetan, KEC. Kota Kudus. Fasilitas yang atersedia : temapt pakir, Mck, warung makan, tempat bermain anak-anak, dan panggung terbuka.
alt
Air Terjun Monthel
    Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter, terletak di lereng Gunung Muria, dapat ditempuh dari Masjid Sunan Muria dengan berjalan kaki 30 menit. Pengunjung dapat menikmati panorama alam pegunungan dan satwa-satwa liar yang ada disekitarnya.
alt
Keunikan Seni Budaya
    Dandangan, merupakan seni asli masyarakat Kudus langka. Prosesi dandangan hanya dilakukan satu hari menjelang puasa bertempat sekitar Menara Kudus.
Barongan, merupakan sejenis reog tepatnya di kec. Jati.

 PETILASAN & LERENG PEGUNUNGAN RAHTAWU 

    Wisata pegunungan Rahtawu merupakan suatu tempat yang terletak di Kaki Gunung Muria sekitar 20 km dari Kota Kudus.Obyek Wisata ini mempunyai nilai budaya,terdapat nama-nama pelilasan dari beberapa cerita pewayangan yaitu :Hyang Semar,Petilasan Abiyoso, Begawan Sakri, Lokojoyo, Dewi Kunthi,Makam Mbah Bunton,Hyang Pandan,Arojambangan,Jonggring Saloko, Sendang Buton dan Puncak Songolikur.Pada lokasi ini trdapat air alami pegunungan yang sejuk,bersih, disediakan Home stay dan MCK.Pengunjung di Obyek Wisata Rahtawu merupankan tempat pendaki gunung dan pecinta alam ke puncak Songolikur dengan melalui beberapa tempat yang dikeramatkan.

Kuliner :
• Soto Kudus ,agak berbeda dari soto daerah lain. Soto Kudus mempunyai banyak taburan bawang dan mempunyai rasa yang kuat. Biasanya soto Kudus disajikan dalam mangkok-mangkok kecil. Lokasi belanja : Jl. Agil Kusumadya, Taman Bojana ( Jl. Simpang Tujuh ), Jl. Dr Lukmonohadi, depan Pasar Jember dan tempat lain di sekitar Kota Kudus.
• Soto Kerbau,Soto kerbau bisa didapat di Jl. Agil Kusumadya, Jl. Nitisemito, Jl. HM Subchan, Taman Bojana, depan Pasar Jember dan tempat lain di sekitar Kota Kudus.
• Sate Kerbau, Sate kerbau banyak didapat di Jl. Gang I, Jl. Gang III, Jl. Pemuda dan tempat-tempat di sekitar Kota Kudus.
Lenthog Tanjung,Lenthog merupakan makanan khas Kudus yang terdiri dari lontong dikombinasi dengan sayur nangka dan kothokan tahu (tahu santan). Lenthog bisa didapat di desa Tanjung, GOR Wergu Wetan dan sekitar Kudus khususnya pada pagi hari.

Shopping :
Cinderamata
Sentra Bordir , industri konveksi pakaian jadi dan industri kain bordir terletak di Desa Padurenan Kec Gebog, Kabupaten Kudus bagian utara. Lokasi sentra berjarak 4-5 km dari pusat kota Kudus yang banyak dikunjungi oleh wisatawan peziarah Sunan Kudus. Dari arah tempat ziarah Sunan Muria berjarak 13 km.industri konveksi tas sekolah dan kantor di desa gulang Kec Mejobo.
• Sentra batik khas Kudus , terletak di Desa Karangmalang. Desa ini berlokasi di sekitar Desa Produktif Padurenan
• Kerajinan caping kalo, caping khas Kudus, bahannya dari bambu dan ijuk aren.
Anyaman plastik, berbentuk tempat sampah, keranjang dll. Lokasi di Desa Loram dan Desa Getas Pejaten, Kec. Jati

No comments:

Post a Comment